Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog

Penyebab Nyeri Bahu Dan Cara Mengatasinya

January 14 2019

Kenyamanan anda terganggu akibat sering merasakan nyeri pada bahu, jangan khawatir ! Disini kami akan memberikan anda informasi terkait penyebab nyeri bahu dan cara mengatasinya tersebut.

Nyeri Bahu, Ini Penyebabnya !

Berbicara mengenai nyeri bahu merupakan salah satu masalah yang umum terjadi pada siapa saja, baik itu pria maupun wanita dan dari segala latar belkang serta usia bisa mengalaminya.

Berdasarkan arah geraknya, dimana sendi pundak atau bahu termasuk dalam golongan sendi peluru yang bisa bergerak ke berbagai arah sehingga hal ini bisa membuat bahu mudah mengalami cedera.

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan seseorang mengalami nyeri bahu, dimana hal tersebut diantaranya : 

  • BURSITIS dan TENDINITIS

Penggunaan pundak yang terlalu sering serta berlebihan biasanya akan menyebabkan terjadinya peradangan dan kondisi ini juga umumnya akan menimbulkan rasa sakit pada saat melakukan aktivitas sehari-hari seperti menyisir rambut dan mengenakan pakaian.

Sedangkan peradangan pada tendon (tendinitis) akan mengakibatkan rasa sakit pada bagian paling luar sendi, dimana pelemahan tendon ini terjadi karena penggunaan berlebihan dan seiring bertambahnya usia.

  • FROZEN SHOULDER 

Selanjutnya kondisi menyakitkan yang bisa membuat anda tidak bisa menggerakkan bahu sehingga jangakaun gerak bahu menjadi sangat terbatas adalah frozen shoulder.

Dimana konisi ini terjadi ketika ada penebalan, pembengkakan dan pengetatan dari jaringan yang fleksibel yang mengelilingi sendi bahu anda sehingga akan merasa sulit untuk melakukan akvititas harian anda.

  • TERKILIR atau KESELEO

Biasanya bahu yang keseleo akan mengacu pada sobekan di ligamen atau otot yang mengikat persendian bahu dan untuk penyebab terjadinya bahu keseleo, umumnya disebabkan akibat adanya hantaman langsung pada bau dan area sekitarnya.

Selain disebabkan oleh beberapa hal diatas, nyeri bahu juga bisa disebabkan oleh postur tubuh yang buruk dan sejumlah penyakit seperti penyakit hati, gangguan kantung empedu, penyakit jantung atau penyakit yang berkaitan dengan tulang belakang di leher.

Rekomendasi Cara Mengatasi Nyeri Bahu

Sebenarnya, ada beberapa jenis pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri bahu itupun tergantung pada penyebab rasa sakitnya. Untuk bentuk penanganan, umumnya dilakukan dengan beristirahat, mengubah kebiasan yang keliru dan fisioterapi untuk memperbaiki kelenturan dan kekuatan pundak.

Untuk anda yang ingin meredakan nyeri pada bahu, anda bisa mengompres dengan kantung es sekitar 15-20 menit dan ada baiknya lakukan beberapa kali setiap hari.

Selain itu, anda juga dianjurkan untuk senantiasa menjaga pola hidup sehat dengan mengkonsumsi asupan bergizi, rutin berolahraga dan mencukupi istirahat.

Melakukan peregangan otot dan sendi sebelum serta sesudah melakukan aktivitas, untuk menjaga kelenturan sendi dan mencegah cedera juga bisa anda lakukan untuk meredakan nyeri bahu.

Nah itulah sekilas informasi yang bisa kami sampaikan pada kesempatan kali ini, semoga informasinya bermanfaat dan bisa menambah wawasan pengetahuan anda.

Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post